Semua Olahraga dan Keterangannya Paling Lengkap


loading...
1.  Bulu tangkis/badminton
Bulu tangkis (sering disingkat bultang) atau badminton adalah suatu olahraga raket yang dimainkan oleh dua orang (untuk tunggal) atau dua pasangan (untuk ganda) yang saling berlawanan.
Mirip dengan tenis, bulu tangkis bertujuan memukul bola permainan ("kok" atau "shuttlecock") melewati jaring agar jatuh di bidang permainan lawan yang sudah ditentukan dan berusaha mencegah lawan melakukan hal yang sama.
Ada lima partai yang biasa dimainkan dalam bulu tangkis, yaitu:
Tunggal putra
Tunggal putri
Ganda putra
Ganda putri
Ganda campuran
Lapangan dan jaring
Lapangan bulu tangkis berbentuk persegi panjang dan mempunyai ukuran seperti terlihat pada gambar. Garis-garis yang ada mempunyai ketebalan 40 mm dan harus berwarna kontras terhadap warna lapangan. Warna yang disarankan untuk garis adalah putih atau kuning. Permukaan lapangan disarankan terbuat dari kayu atau bahan sintetis yg lunak. Permukaan lapangan yang terbuat dari beton atau bahan sintetik yang keras sangat tidak dianjurkan karena dapat mengakibatkan cedera pada pemain. Jaring setinggi 1,55 m berada tepat di tengah lapangan. Jaring harus berwarna gelap kecuali bibir jaring yang mempunyai ketebalan 75 mm harus berwarna putih.


Perlengkapan
Raket
Secara tradisional raket dibuat dari kayu. Kemudian aluminium atau logam ringan lainnya menjadi bahan yang dipilih. Kini, hampir semua raket bulu tangkis profesional berkomposisikan komposit serat karbon (plastik bertulang grafit). Serat karbon memiliki kekuatan hebat terhadap perbandingan berat, kaku, dan memberi perpindahan energi kinetik yang hebat. Namun, sejumlah model rendahan masih menggunakan baja atau aluminium untuk sebagian atau keseluruhan raket.
Senar
Mungkin salah satu dari bagian yang paling diperhatikan dalam bulu tangkis adalah senar nya. Jenis senar berbeda memiliki ciri-ciri tanggap berlainan. Keawetan secara umum bervariasi dengan kinerja. Kebanyakan senar berketebalan 21 ukuran dan diuntai dengan ketegangan 18 sampai 30+ lb. Kesukaan pribadi sang pemain memainkan peran yang kuat dalam seleksi senar.
Kok
Kok adalah bola yang digunakan dalam olahraga bulu tangkis, terbuat dari rangkaian bulu angsa yang disusun membentuk kerucut terbuka, dengan pangkal berbentuk setengah bola yang terbuat dari gabus. Dalam latihan atau pertandingan tidak resmi digunakan juga kok dari plastik.
Sepatu
Karena percepatan sepanjang lapangan sangatlah penting, para pemain membutuhkan pegangan dengan lantai yang maksimal pada setiap saat. Sepatu bulu tangkis membutuhkan sol karet untuk cengkraman yang baik, dinding sisi yang bertulang agar tahan lama selama tarik-menarik, dan teknologi penyebaran goncangan untuk melompat; bulu tangkis mengakibatkan agak banyak stres (ketegangan) pada lutut dan pergelangan kaki.

Ukuran Panjang Dari Lapangan Sepak Bola Keseluruhan
Ukuran Panjang lapangan sepak bola minimum adalah 90 meter
Ukuran Panjang lapangan sepakbola maksimum adalah 120 meter
Ada garis tengah yang membagi sisi lapangan sama panjang


2. Lapangan Sepak Bola Kaki
Ukuran Lebar Dari Lapangan Sepak Bola Keseluruhan
Ukuran Lebar dari lapangan sepak bola Minimal 90 m (100 yds)
Ukuran Lebar dari lapangan sepak bola  Maksimum 120 m (130 yds)


Untuk Pertandingan Sepak Bola Level Internasional :
Panjang lapangan sepak bola minimum 100 meter Gambar Lapangan Sepak Bola Beserta Ukurannya Dan Keterangannya
Panjang lapangan sepak bola maksimum 110 meter
Lebar lapangan sepak bola minimum 64 meter
Lebar lapangan sepak bola maksimum 75 meter

3. Lapangan Bola Voli
Bisa kita lihat gambar lapangan voli di bawah yakni memiliki ukuran 18 x 9 m, dengan terbagi atas dua area. Dalam satu area terdapat garis serang tempat spiker untuk melakukan smash dan juga blocker melakukan block, garis serang memiliki ukuran 3 meter. Di belakang lapangan terdapat area servis untuk memulai permainan voli.


Net Lapangan Bola Voli
Untuk net lapangan bola voli terdapat dua macam ketinggian yakni untuk putra setinggi 2.43 m dan untuk putri 2.24 meter. Lebar jaring net yakni 1 meter, dan panjang antena dari tiang net sebesar 0.8 m.

4. Lapangan Bola Basket
Lapangan bola basket berbentuk seperti kebanyakan lapangan olahraga permainan lainnya, yaitu berbentuk persegi panjang dan terbagi atas dua area. Panjang keseluruhan lapangan bola basket yaitu 26-28 m sedangkan lebarnya berkisar 14-15 m. Lingkaran tengah lapangan basket berukuran 3.6 m. berikut ini gambar lengkapnya.


Lapangan Bola Basket

Ring Bola Basket
Di dalam bola basket yang menjadikan pembeda dengan olahraga lainnya adalah terdapatnya ring. Ukuran ring pun juga tidak sembarangan, ada ketetapan tertentu mengenai ukuran ring bola basket. Berikut ini gambar dan ukuran ring bola basket.

5. Lapangan Takraw
Ukuran Lapangan Sepak Takraw Standar Nasional Internasional dan Gambarnya - Sepak Takraw merupakan permainan atau olahraga campuran dari bola voli dan sepak bola, permainan ini dimainkan di lapangan ganda bulu tangkis. Para pemainnya juga tidak boleh menyentuh bola dengan tangan.
Berbeda dengan Bola Voli atau Sepakbola, permainan Sepak Takraw ini menggunakan bola yang terbuat dari anyaman rotan. Permainan Sepak Takraw ini berasal dari zaman kesultanan Melayu pada 634-713, dalam bahasa melayu sepak takraw disebut Sepak Raga.
Ukuran Lapangan Sepak Takraw Standar Nasional Internasional dan Gambarnya :


Panjang Lapangan Sepak Takraw : 13,42 meter.
Lebar Lapangan Sepak Takraw : 6,10 meter.
Lebar Garis Batas Sepak Takraw : adalah garis (lines) yang lebarnya+ 5 cm.
Lingkaran Tengah Lapangan Sepak Takraw :
Ditengah sebuah lapangan ada lingkaran yaitu tempat melakukan sepakan permulaan (service). dengan garis tengah lingkaran 61 cm.
Garis seperempat lingkaran Lapangan Sepak Takraw :
Pada penjuru tengah kedua lapangan terdapat garis seperempat lingkaran tempat melambungkan bola kepada pemain yang melakukan sepakan permulaan (service) dengan jari-jari 90 cm.
Jaring (net) Sepak Takraw :
Jaring dibuat dari bahan benang kasar, tali, atau dari nylon dengan ukuran lubang-lubangnya 4-5 cm.
Lebar jaring 72 cm dan panjangnya tidak lebih dari 6,71 m. Pada pinggir atas, bawah dan samping dibuat pita selebar + 5 cm yang diperkuat dengan tali yang diikatkan pada kedua ring. Tinggi jaring 1,55 m dari tanah/lantai.
Tiang Lapangan Sepak Takraw :
Dua buah tiang sebagai tempat pengikat jaring, didirikan pada sebelah luar kedua garis samping kiri dan kanan dengan jarak 30,5 cm dari garis samping.
Tinggi tiang Lapangan Sepak Takraw : 1,55 meter untuk laki-laki dan 1.45 meter untuk perempuan.
Bola Sepak Takraw :
Terbuat dari bahan rotan atau fiber.
Lingkaran bola 41 sampai 43 cm.

6. Lapangan Kasti/Baseball
Lapangan permainan kasti berbentuk segi empat panjang dengan ukuran luasnya adalah lebih kurang panjang 60 meter dan lebar 30 meter (tidak mutlak). Lima meter dari panjang lapangan dipergunakan untuk ruangan tempat penjaga belakang, tempat pemukul, tempat pelambung dan tempat pemain pemukul. Lapangan dilengkapi dengan tiang penyelamat yang diletakkan dengan jaraknya 5 meter dari garis pemukul dan 5 meter dari garis samping. Sedangkan tiang hinggap ada dua buah yang masing-masingnya diletakkan berjarak 10 meter dari tiang yang lainnya, 10 meter dari garis belakang dan juga 5 meter dari garis samping. Bagian pangkal lapangan terdapat ruangan atau petak pemukul juga 5 meter kali 5 meter dari garis samping. Sedangkan tiang hinggap ada dua buah yang masing-masing diletakkan berjarak 10 meter dari tiang yang lainnya 10 meter dari garis belakang dan juga 5 meter dari garis samping.
loading...
Sebelum anak memainkan permainan kasti yang sebenarnya maka terlebih dahulu anak diperkenalkan dengan permainan kasti sederhana, yang disebut permainan bola sentuh. Dengan sendirinya mereka juga sudah menguasai teknik dasar permainan seperti jalan, lari, melempar, menangkap dan memukul.
gambar lapangan kasti

 Keterangan Gambar:
A=Ruang bebas atau ruang tunggu
B=Tempat pelempar (pelambung)
C=Tempat pemukul
D=Tempat penjaga belakang
E=Tiang hinggap pertama
F=Tiang hinggap kedua
G=Tiang hinggap ketiga

B. Peralatan Permainan Kasti
gambar peralatan kasti


Peralatan Permainan bola kasti
Pada permainan kasti, alat-alat yang diperlukan yaitu alat pemukul dan bola kasti. Alat pemukul terbuat dari kayu dengan panjang 50-60 sentimeter. Penampangnya berbentuk oval atau bulat telur dengan lebar penampang tidak lebih dari 5 sentimeter dan memilki ketebalan 3 sentimeter. Bola kasti terbuat dari karet atau kulit dengan ukuran lingkaran 19-20 sentimeter dan memiliki berat 70-80 gram.

C. Peraturan Permainan Kasti
Agar permainan kasti dapat berjalan dengan baik, ada beberapa peraturan permainan yang perlu dipahami. Penjelasan peraturan permainan kasti biasanya disampaikan oleh wasit sebelum pertandingan dimulai (pertandingan resmi). Beberapa peraturan permainan dalam kasti adalah sebagai berikut.

1. Jumlah Pemain
Jumlah pemain kasti tiap regu adalah 12 orang, dengan salah satu pemain bertindak sebagai kapten. Setiap pemain wajib mengenakan nomor dada dari  1 sampai 12. Ditambah pemain pengganti atau cadangan sebanyak 6 orang.

2. Waktu Permainan
Waktu permainan dilakukan dalam 2 babak. Tiap-tiap babak 20 – 30 menit. Diantara tiap babak diberikan istirahat 15 menit.

3. Wasit
Pertandingan kasti dipimpin oleh seorang wasit dibantu 3 orang penjaga garis dan 1 orang pencatat waktu.

7. Lapangan Futsal Internasional
Untuk ukuran standard nasional adalah :
16 x 26 mtr = 416 mtr. Ukuran tersebut diambil dari ukuran jaring ke jaring, dan untuk ukuran area main, dari ukuran tersebut diambil lagi 50 cm di keempat sisinya sehingga area main efektif 15 x 25 mtr = 375 mtr.


Ukuran jaring adalah 16 mtr x 26 mtr
Area merah muda adalah area diantara jaring dan garis putih berjarak 50 cm
Area hijau garis-garis adalah area main efektif
Sedangkan untuk ukuran international adalah : Lebar lapangan 18 - 25 mtr sedangkan Panjang adalah 38 - 42 mtr. Ukuran yang sering digunakan utk lapangan international biasanya 20 x 40 mtr, namun masing2 tergantung dari lahan yang tersedia.
Apabila kita ingin membangun lapangan standard nasional, maka dibutuhkan 16 x 26 m = 416 mtr, hitungan ini hanya lapangan futsalnya saja, untuk bangunan yang pasti harus lebih besar. Lapangan futsal indoor paling tidak membutuhkan minimal 20 x 30 mtr = 600 mtr, ini hanya bangunan saja, belum lagi lahan untuk parkir, ruang ganti, toilet dll. Paling tidak, untuk mengakomodasi semua kebutuhan lapangan futsal lengkap dengan lahan parkir, toilet, ruang ganti dll membutuhkan paling tidak 800 - 1000 mtr.

Kemudian untuk ukuran tiang gawang adalah sebagai berikut :
Lebar 3 mtr
Tinggi 2 mtr
Tiang atas ke belakang 35 cm
Tiang bawah ke belakang 50 cm

bahan yang digunakan biasanya pipa hitam ukuran 3" untuk tiang depan dan 2.5" utk tiang belakang.

8. Lapangan Tenis Meja/Bola Pingpong
Tenis Meja merupakan permainan olahraga yang menggunakan raket dan meja sebagai lapangan, tenis meja ini dimainkan oleh dua orang (untuk kategori tunggal), empat orang untuk pasangan atau ganda yang berlawanan. Tenis meja ini juga sering disebut dengan bola ping pong.


Pada permainan Tenis Meja ini menggunakan raket yang terbuat dari kayu yang dilapisi dengan karet atau juga disebut dengan bet, kemudian menggunakan bola ping pong dan lapangannya berbentuk meja. Indonesia mempunyai induk organisasi yang namanya PTMSI (Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia), sedangkan Induk Organisasi Internasional adalah ITTF (International Table Tennis Federation).
Ukuran Meja Lapangan Tenis Meja :

- Panjang = 274 cm
- Lebar = 152,5 cm
- Tinggi meja dari lantai lapangan = 76 cm
- Tebal garis sisi = 2 cm
- Luas = 4,1785 meter persegi

Ukuran Tiang Net dan Jaring Net Tenis Meja :

- Panjang Net = 183 cm
- Lebar / Tinggi Net = 15,25 cm
- Jarak Meja Ke Tiang = 15,25 cm
- Luas Net = 0,279075 meter persegi

Bola Tenis Meja :
- Bola tenis meja berdiameter 40 mm berat 2,7 gram.
- Biasanya berwarana putih atau oranye dan terbuat dari bahan selulosa yang ringan.
- Pantulan bola yang baik apabila dijatuhkan dari ketinggian 30,5 cm akan menghasilkan ketinggian pantulan pertama antara 23-26 cm.
- Pada bola tenis meja biasanya ada tanda bintang dari bintang 1 hingga bintang 3, dan tanda bintang 3 inilah yang menunjukan kualitas tertinggi dari bola tersebut dan biasanya digunakan dalam turnamen-turnamen resmi.


Untuk Ingin Lebih Lengkap download Link dibawah ini ^_^

http://www.4shared.com/office/JfrsqtmCce/Ket_dan_gambar_Penjas.html
loading...
Previous
Next Post »

Resep Jitu

loading...